Selasa, 01 November 2011

Pedoman Buku PPL

Pedoman ini dimaksudkan sebagai landasan operasional Program Praktek Pengalaman Lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Pedoman ini dibuat sesederhana mungkin agar isinya lebih mudah dipahami. Kesederhanaan itu terlihat pada uraian yang terdapat didalamnya.

Bab I Landasan Operasional. Bab ini mengungkapkan sejumlah permasalahan yang berkait erat dengan pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan. Setelah memahami bab ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh sejumlah konsep hakekat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Bab II, III, IV, V, dan VI merupakan petunjuk operasional di lapangan. Setelah membaca buku-buku ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat dirinya dan sejumlah tugas yang harus diselesaikan, baik sebelum praktek di lapangan maupun sesudah praktek.
Bagian lampiran berupa contoh-contoh isian yang harus dipersiapkan siswa, guru pamong, dan pembimbing dalam melaksanakan Program Praktek Pengalaman Lapangan.
Pedoman ini tidak hanya diperuntukkan mahasiwa saja, tetapi merupakan pedoman semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak langsung. Setelah memahami pedoman tidak lagi ditemukan kesalahpahaman diantara semua pihak.
Pedoman ini masih belum sempurna. Kritik dan saran dari para pembaca tentu sangat berguna bagi penyempurnaan pedoman ini. Penyempurnaan pedoman diharapkan memberikan manfaat terhadap kesempurnaan  Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu menyelesaikan buku pedoman ini. Semoga buku ini bermanfaat.





Penyusun









DAFTAR ISI




HALAMAN JUDUL 
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. LANDASAN OPERASIONAL

1.     Pengertian ………………………………………………...
2.     Tujuan ………………………...…………………………...
3.     Sasaran …………………………………………………...
4.     Status  ………………..…………………………………...
5.     Tempat dan Waktu …………………………….………...
6.     Kegiatan…………………………………………………...
7.     Pembimbing………….…………………….……………...
8.     Persyaratan ……………………………………………….
9.     Sikap dan Tugas Mahasiswa …………………………...
10.  Penilaian…………………………………………………...
11.  Pelaporan…………………………..……………………...
12.  Pembekalan…………….………………………………...
13.  Lain-lain…………………………………………………...

BAB II. PENGENALAN TERHADAP PENYELENGGARAAN DAN PENGELOLAAN SEKOLAH.

1.     Program Sekolah................................................................
2.     Struktur Organisasi Sekolah.................................................
3.     Administrasi Sekolah...........................................................
4.     Personalia..........................................................................
5.     Kurikulum...........................................................................
6.     Kesiswaan..........................................................................
7.     Sarana dan Prasarana.........................................................
8.     Hubungan dengan Masyarakat.............................................
9.     Bimbingan dan Penyuluhan..................................................
10.  Perpustakaan......................................................................
11.  Keuangan...........................................................................
12.  Laboratorium......................................................................
13.  Keadaan gedung dan Pemeliharaan.....................................
14.  Organisasi Siswa................................................................



BAB III. PENJABARAN SIKAP MAHASISWA

1.     Sikap yang bersifat umum...................................................
2.     Sikap mahasiswa terhadap mahasiswa.................................
3.     Sikap mahasiswa terhadap Kepala Sekolah..........................
4.     Sikap mahasiswa terhadap Guru Pamong.............................
5.     Sikap mahasiswa terhadap Dosen.......................................
6.     Sikap mahasiswa terhadap siswa.........................................
7.     Sikap mahasiswa terhadap tugas.........................................

BAB IV. KOMPONEN PENILAIAN

1.     Kemampuan Profesional.....................................................
2.     Kemampuan Personal.........................................................
3.     Kemampuan Sosial.............................................................
4.     Kriteria Penilaian / Skala Penilaian........................................


BAB V. PROSEDUR PENILAIAN

1.     Pengertian..........................................................................
2.     Prosedur Ujian....................................................................
3.     Ketentuan-ketentuan............................................................

BAB VI. SISTEMATIKA LAPORAN

1.     Laporan Kelompok..............................................................
1).  Bagian Awal
2).  Bagian Inti
3).  Bagian Akhir

2.     Laporan Individu.................................................................
3.     Notasi ………………………………………………………












LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.     Rincian Pekan Efektif (RPE) ……………………………
2.     Program Tahunan………………………………………..
3.     Program Semester……………………………………….
4.     Silabus dan Penilaian ….……………………………….
5.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran………………..
6.     Penilaian ..................... …………………………………..
7.     Surat Pengajuan Ujian …………………………………..
8.     Surat Persetujuan Ujian …………………………………
9.     Berita Acara Ujian ………………………………………..
10.  Lembar Penilaian Praktek Mengajar …………………..
11.  Contoh Halaman Pengesahan ………………………….
12.  Contoh Cover Laporan …………………………………




i
iii


1
1
1
1
1
2
3
4
5
5
6
6
7




8
8
8
8
9
9
9
9
10
10
10
10
10
10





12
12
12
12
13
13
13



14
14
15
16




17
17
18



19




20
21














23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34



BAB I

LANDASAN OPERASIONAL


1.    PENGERTIAN
Program Praktek Pengalaman Lapangan (selanjutnya disingkat PPL) merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler mencakup latihan mengajar dan tugas-tugas kependidikan secara terbimbing dan terpadu di kampus atau di sekolah-sekolah yang ditunjuk oleh fakultas.

2.    T U J U A N
Program Praktek Pengalaman Lapangan bertujuan membentuk mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan menjadi tenaga yang profesional dan berkompetensi tinggi.

3.     S A S A R A N
Sasaran yang ingin dicapai Program Praktek Pengalaman Lapangan adalah pribadi calon guru atau tenaga kependidikan :

a      Memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memadahi bagi profesinya.
b      Cakap dan tepat menggunakan perangkat di atas, dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di luar sekolah.

4.    S T A T U S
a       Program Praktek Pengalaman Lapangan merupakan bagian integral dari Kurikulum Pendidikan Keguruan (FKIP).
b      Program Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan intrakurikuler wajib bagi mahasiswa  Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan Universitas  Muhammadiyah Jember
c       Program Praktek Pengalaman Lapangan di beri 4 bobot sks

5      TEMPAT DAN WAKTU
a      Tempat.
1)     Pembekalan Program Praktek Pengalaman Lapangan dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember.
2)     Praktek Pengalaman Lapangan dilaksanakan di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau yang setingkat dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang setingkat, yang ditunjuk oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas  Muhammadiyah Jember.
b      Waktu

1)     Program Praktek Pengalaman Lapangan pelaksanaanya di sesuaikan dengan kalender Program Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember.
2)     Program Praktek Pengalaman Lapangan didasarkan pada program sekolah  yang ditunjuk (ditempati).
3)     Program Praktek Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 2 (dua) bulan, dari tanggal 17 Oktober sampai 16 Desember 2011.

6      KEGIATAN
Bentuk kegiatan Program Praktek Pengalaman Lapangan dibedakan menjadi 3 (tiga) tahap yaitu :

a      Tahap Observasi dan Orientasi.
1)     Tahap Observasi dan Orientasi dilaksanakan pada tanggal 17-19 Oktober 2011 sebagai kegiatan awal.
2)     Observasi dan Orientasi dimaksudkan agar mahasiswa mendapat gambaran tentang kegiatan di sekolah/di kelas sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya.
3)     Observasi meliputi:
a). Situasi dan kondisi sekolah pada umumnya.
b). Situasi dan kondisi kelas dan pengelolaannya.
c). Kegiatan guru di kelas (guru pamong khususnya).
d). Kegiatan siswa di kelas.
e). Kegiatan sesama teman di kelas (mahasiswa).

b      Tahap Latihan Mengajar (Real Teaching).
1)     Menonton guru yang sedang mengajar.
2)     Latihan mengajar (Real Teaching) di kelas, dilaksanakan sedikitnya (minimum) 8 kali pertemuan selama periode pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan.
3)     Menyiapkan semua perangkat yang akan digunakan dalam latihan mengajar, yaitu :
a).   Menyiapkan diri semaksimal mungkin baik fisik maupun mental situasi dan kondisi kelas dan pengelolaannya.
b).   Membuat persiapan mengajar tertulis.
c).   Membuat alat peraga yang diperlukan
4)     Selalu berkomunikasi dengan Guru Pamong bila menghadapi masalah teknis di kelas.
5)     Mengikuti pertemuan yang berhubungan dengan perbaikan kegiatan mengajar di kelas (bila diijinkan).
6)     Mengikuti kegiatan lain/ekstrakurikuler apabila diminta.

c      Tahap Pengenalan Kependidikan.
1)     Mahasiswa atas ijin Kepala Sekolah diwajibkan memperoleh sejumlah pengetahuan tentang pengelolaan dan penyelenggaraan sekolah baik segi administrasi atau edukasi.
2)     Tahap Pengenalan Kependidikan dilakukan selama mahasiswa melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tanpa mengganggu “tugas mengajar”.
3)     Hal-hal yang perlu diketahui adalah:
a).   Struktur organisasi sekolah.
b).   Program sekolah pada umumnya.
c).   Administrasi pada umumnya.
d).   Personalia dan pembagian tugas.
e).   Kurikulum.
f).    Kesiswaan.
g).   Sarana prasarana.
h).   Bimbingan dan Penyuluhan.
i).     Perpustakaan.
j).     Keuangan.
k).   Laboratorium.
l).     Pemeliharaan Gedung.
m).  Organisasi Siswa (OSIS).
4)     Membukukan semua data atau catatan diatas sebagai bahan laporan.

7. PEMBIMBING
a.     Dosen Pembimbing         
1).   Dosen Pembimbing diangkat oleh Pimpinan Fakultas berdasarkan Surat Keputusan.
2).   Dosen Pembimbing adalah seseorang yang memiliki kelayakan akademis yang memadai.
3).   Dosen Pembimbing membawahi sejumlah mahasiswa yang telah ditunjuk.
4).   Dosen Pembimbing membimbing mahasiswa baik secara kelompok maupun secara individual.
5).   Dosen Pembimbing menilai penampilan mahasiswa bersama guru pamong.
b.     Kepala Sekolah
1).   Perencana dan Penyelenggara Sekolah.
2).   Penasehat semua kegiatan Program Praktek Pengalaman Lapangan di Sekolah.
3).   Memberikan penilaian terhadap kegiatan mahasiswa secara menyeluruh.
4).   Penanggung jawab terselenggaranya kegiatan sekolah maupun kegiatan Program Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah.
c.     Guru Pamong
1).   Guru Pamong ditunjuk oleh Kepala sekolah.
2).   Guru Pamong memiliki keahlian dibidangnya.
3).   Membimbing mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan Program Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah.
4).   Menilai kegiatan mahasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
5).   Memperbaiki penampilan mahasiswa terutama “Penampilan Mengajar” di kelas.
d.     Kegiatan Pembimbingan
1).   Bimbingan diberikan untuk memperbaiki kegiatan dan mendorong secara  individu.
2).   Bimbingan harus diberikan secara berkelanjutan dan terprogram.
3).   Bimbingan diberikan kepada Mahasiswa baik berkelompok maupun secara individu.
4).   Selain tugas-tugas diatas, Dosen pembimbing, Guru Pamong, dan Kepala  Sekolah juga sebagai Pembimbing.
e.       Mahasiswa
1).   Mahasiswa ditunjuk oleh Dosen Pembimbing dan Guru Pamong yang telah ditunjuk.
2).   Sebelum melakukan kegiatan “mengajar”, mahasiswa diwajibkan berkonsultasi pada Dosen Pembimbing dan Guru Pamong yang telah ditunjuk.
3).   Mahasiswa diperkenankan “mengajar” di kelas apabila telah disetujui oleh Dosen pembimbing dan Guru Pamong.
4).   Semua masalah Mahasiswa yang berkait erat dengan Program Praktek Pengalaman Lapangan harus diselesaikan dengan Dosen Pembimbing, Guru Pamong atau Kepala Sekolah.

8. PERSYARATAN
a.       Persyaratan Akademis
1).   Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Jember.
2).   Mahasiswa yang memprogram PPL harus berada di semester VII atau atas rekomendasi Pimpinan Fakultas.
3).   Mahasiswa harus sudah memperoleh minimum 90 sks.
4).   Mahasiswa tersebut harus lulus matakuliah yang diperlukan, yaitu:
a).   Instructional Design I & II
b).   English Curriculum
c).   Teaching Media
d).   TEFL I & II
e).   Micro Teaching/Pengajaran Mikro/PPL I
f).    Instructional Materials
g).   Khusus PMIPA dan PAI telah lulus poin (e)

b.       Persyaratan Non Akademis :
1).   Menyerahkan FRHS semester I- VI
2).   Membayar biaya Praktek Pengalaman Lapangan
3).   Bersedia ditempatkan di sekolah manapun

9. SIKAP DAN TUGAS MAHASISWA
a. Sikap Mahasiswa :
1).   Sikap merupakan kecenderungan tingkah laku yang dinamis, baik yang berupa tutur kata, tingkah laku, penampilan diri, yang mencerminkan sikap guru sesuai dengan kode etik dan peraturan yang ditentukan oleh Lembaga Pendidikan.
2).   Penjelasan lanjut tentang “sikap mahasiswa” dibicarakan pada bagian tersendiri.
b.Tugas dan Kewajiban Mahasiswa :
1).   Melaksanakan semua kegiatan yang diprogramkan dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
2).   Membantu sekolah dalam menyelesaikan tugas administrasi atau edukatif.
3).   Membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan lain.
4).   Mengikuti kegiatan Sekolah.
5).   Membuat laporan (baik individu atau kelompok).
6).   Melengkapi persyaratan administrasi akademik yang dituntut sekolah dan fakultas.
7).   Mentaati semua program yang ada di sekolah tempat program PPL.

10. PENILAIAN.
a.       Penilaian merupakan proses memberikan nilai kepada Mahasiswa berdasarkan penguasaan kemampuan yang dituntut selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
b.       Penilaian dilakukan secara berkelanjutan dan menyeluruh meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.
c.       Aspek Penilaian Meliputi:
1).   Penilaian terhadap kemampuan mengajar di kelas.
2).   Penilaian terhadap kemampuan nonakadedmis
d.       Penilai adalah :
1).   Kepala Sekolah
2).   Dosen Pembimbing.
3).   Guru Pamong
e.       Hasil akhir penilaian disyahkan Kepala Sekolah dan diserahkan ke Fakultas lewat Dosen Pembimbing.

11. PELAPORAN.
a.     Mahasiswa diwajibkan membuat laporan (individu atau kelompok).
b.    Laporan berupa:
1).   Laporan hasil kegiatan mengajar
2).   Laporan Pengelolaan dan Penyelenggaraan Sekolah
c.     Bentuk dan sistimatika laporan dilihat pada contoh yang ada.
d.    Penulisan laporan disesuaikan dengan tatacara penulisan karya ilmiah.
e.     Isi laporan dikonsultasikan kepada Dosen Pembimbing dan Kepala Sekolah.
f.     Ditulis diatas kertas ukuran HVS putih ukuran kwarto/A4.
g.    Laporan harus sudah selesai dan diserahkan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) berakhir.
h.     Laporan disampul kertas biru (dicetak)
i.      Laporan dibuat rangkap 4 (empat), masing-masing untuk :
1).   Fakultas
2).   Dosen Pembimbing
3).   Sekolah tempat praktek
4).   Mahasiswa yang bersangkutan
j.      Laporan akan diujikan secara lisan.

12. PEMBEKALAN.
a.     Semua Mahasiswa harus mengikuti  “pembekalan”.
b.    Pembekalan dilaksanakan satu minggu sebelum pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
c.     Materi pembekalan meliputi :
1).   Masalah Administrasi
2).   Masalah Teknis
3).   Masalah Observasi
4).   Masalah Latihan Mengajar
5).   Masalah Pembimbing
6).   Masalah Penilaian
7).   Masalah Pelaporan
d.    Pembekalan diberikan oleh Pimpinan Fakultas, Pimpinan Jurusan, dan para dosen yang ditunjuk.
13. LAIN-LAIN.
a.     Semua persoalan yang menyangkut PPL yang belum tertulis pada ketentuan diatas akan diselesaikan secara kekeluargaan dan bertanggung jawab.
b.    Kreatifitas mahasiswa yang tidak menyimpang dari ketentuan diatas sangat dihargai
c.     Dedikasi, keteladanan, dan tanggung jawab harus diutamakan
d.    Diperlukan kerja sama yang baik diantara semua pihak yang terlibat didalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)












BAB II
PENGENALAN TERHADAP PENYELENGGRAAN
DAN PENGELOLAAN SEKOLAH

            Atas ijin Kepala Sekolah, mahasiswa diperkenankan untuk mencatat dan mempelajari Prosedur Penyelenggaraan dan Pengenalan sekolah. Sejumlah masalah yang perlu dicatat dan dipelajari sebagai terurai dibawah ini.

1.     PROGRAM SEKOLAH
Tugas mahasiswa berkaitan dengan masalah ini adalah mencatat dan mempelajari seluk beluk :
a.     Program sekolah secara menyeluruh.
b.    Isi dan tujuan program sekolah.
c.     Komponen-komponen yang ada di dalam program sekolah.

2.     STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH.
Tugas mahasiswa adalah mencatat dan mempelajari masalah-masalah :
a.     Struktur organisasi.
b.    Mencatat tugas masing-masing komponen yang terdapat didalam struktur organisasi sekolah.
c.     Struktur organisasi staf administrasi sekolah.
d.    Tugas masing-masing komponen yang ada didalam struktur organisasi staf administrasi sekolah.
e.     Struktur Organisasi Komite Sekolah.
f.     Tugas masing-masing komponen yang ada di dalam Struktur Organisasi Staf Komite Sekolah.

3.     ADMINISTRASI SEKOLAH.
Tugas yang harus dicatat dan dipelajari adalah :
a.     Sistem administrasi.
b.    Surat menyurat pengajaran.

4.     PERSONALIA.
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari adalah :
a.     Nama Kepala Sekolah, Guru, Staf Administrasi, dan Petugas lain disertai jabatan dan masa kerja.
b.    Sistem pengangkatan dan penerimaan guru dan pegawai.
c.     Prosedur pembinaan kepada personalia.




5.     KURIKULUM.
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari berkaitan dengan masalah kurikulum adalah :
a.     Program kurikulum.
b.    Isi dan tujuan kurikulum.
c.     Pembagian tugas dan mengajar.
d.    Program semester.
e.     Penyusunan jadwal pelajaran.
f.     Penyusunan satuan pelajaran
g.    Pelaksanaan ujian sub sumatif dan sumatif.
h.     Kriteria penilaian yang digunakan
i.      Kriteria kenaikan dan kelulusan.
j.      Pembinaan peningkatan profesional guru.

6.     KESISWAAN.
Mahasiswa harus mencatat dan mempelajari sejumlah masalah yang berhubungan dengan :
a.     Program kesiswaan
b.    Prosedur penerimaan siswa baru dan orientasi siswa baru.
c.     Pelaksanaan kegiatan siswa (kegiatan ekstrakurikuler).
d.    Jadwal kegiatan dan pembina kegiatan ekstrakurikuler.
e.     Pembinaan disiplin siswa.
f.     Tata tertib siswa
g.    Keadaan siswa
h.     Nama siswa setiap kelas
i.      Struktur organisasi siswa didalam kelas dan tugas-tugasnya.

7.     SARANA DAN PRASARANA.
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari adalah :
a.     Prosedur pengadaan barang dan penghapusan barang.
b.    Inventarisasi barang-barang.
c.     Macam-macam barang yang berupa bantuan dari luar.

8.     HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT.
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari adalah :
a.     Program Hubungan dengan Masyarakat (Humas).
b.    Bentuk-bentul kegiatan dengan masyarakat.





9.     BIMBINGAN DAN PENYULUHAN.
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari berkaitan dengan masalah ini adalah : 
a.     Prosedur Bimbingan dan Penyuluhan.
b.    Prosedur pendataan siswa.
c.     Prosedur penanganan terhadap siswa.
d.    Jenis-jenis kasus yang sering terjadi di Sekolah.
e.     Peta kerawanan siswa.
f.     Kesulitan-kesulitan yang dihadapi BP.

10.  PERPUSTAKAAN.
Komponen yang perlu dipelajari dan dicatat adalah :
a.     Prosedur pengadaan barang.
b.    Inventarisasi buku/barang.
c.     Jumlah koleksi buku.
d.    Katalogosasi.
e.     Prosedur peminjamaman/pengambilan buku.

11.  KEUANGAN.
Komponen yang harus diketahui adalah :
a.     Sumber dana Sekolah.
b.    Jenis bantuan yang diberi pihak luar.
c.     Sistem pembukuan.

12.  LABORATORIUM.
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari adalah :
a.     Program kegiatan laboratorium.
b.    Jumlah laboratorium yang ada.
c.     Inventarisasi barang.
d.    Jadwal kegiatan laboratorium.

13.  KEADAAN GEDUNG DAN PEMELIHARAAN.
a.     Denah gedung Sekolah.
b.    Jumlah ruang yang digunakan untuk kegiatan.
c.     Prosedur pemeliharaan.
d.    Petugas pemeliharaan gedung Sekolah.

14.  ORGANISASI SISWA (OSIS).
Komponen yang harus dicatat dan dipelajari adalah :
a.     Struktur Organisasi OSIS.
b.    Pembagian tugas masing-masing komponen yang terdapat dalam struktur organisasi OSIS.
c.     Program kerja OSIS.
d.    Prosedur Pemilihan OSIS.
e.     Bentuk dan macam kegiatan.
f.     Prosedue pembinaan OSIS.
g.    Surat keputusan OSIS.



BAB III
PENJABARAN SIKAP MAHASISWA


1.     SIKAP YANG BERSIFAT UMUM.
a.     Mengenakan pakaian (seragam) secara sopan dan rapi.
b.    Harus mengenakan seragam atas putih bawah hitam atau seragam guru.
c.     Mengatur rambut dan menghias diri sesuai dengan ketentuan sekolah yang bersangkutan.
d.    Mengikuti tata tertib yang berlaku di sekolah .
e.     Tidak meninggalkan sekolah selama jam pelajaran masih ada.
f.     Berusaha bergaul dengan Kepala Sekolah, Guru dan Staf lain secara wajar (tidak merasa diasingkan).
g.    Ikut selalu membantu kegiatan sekolah.
h.     Selalu menempati semua tugas yang diberikan.
i.      Bersikap jujur dan bertanggung jawab.
j.      Selalu menepati waktu yang ditentukan apabila ada tugas.

2.     SIKAP MAHASISWA TERHADAP MAHASISWA (sesama teman).
a.     Bersikap saling hormat dan menghargai.
b.    Membiasakan diri dengan panggilan Ibu/Bapak.
c.     Saling memperbaiki kekurangan teman.
d.    Bergaul secara sopan dan wajar baik di sekolah maupun di luar.
e.     Bekerja sama untuk menyelesaikan tugas.

3.     SIKAP MAHASISWA TERHADAP KEPALA SEKOLAH.
a.     Selalu menghormati Kepala Sekolah.
b.    Selalu memperhatikkan dan melaksanakan nasehat Kepala Sekolah.
c.     Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Kepala Sekolah.
d.    Selalu ijin Kepala Sekolah apabila meninggalkan Sekolah atau kegiatan lain yang berkaitan erat dengan kegiatan Sekolah.

4.     SIKAP MAHASISWA TERHADAP GURU PAMONG.
a.     Menghindarkan diri dari kesalahpahaman.
b.    Bersikap hormat dan menghargai.
c.     Selalu berkonsultasi apabila mendapat kesulitan.
d.    Melaksanakan semua nasehatnya.
e.     Selalu menepati waktu yang telah ditentukan apabila mendapat tugas.
f.     Selalu meminta ijin apabila tidak dapat melaksanakan atau ada kesulitan lain yang tidak dapat ditunda.

5.     SIKAP MAHASISWA TERHADAP DOSEN PEMBIMBING.
a.     Selalu bersikap hormat dan menghargai.
b.    Selalu berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing.
c.     Melaksanakan tugas yang diberikan.
d.    Bersikap jujur dan bertanggung jawab.

6.     SIKAP MAHASISWA TERHADAP SISWA.
a.     Selalu bersikap jujur dan menghormati.
b.    Bergaul secara sopan dan wajar baik di sekolah atau di luar sekolah
c.     Membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan siswa.
d.    Menghindari hubungan secara pribadi dengan murid (selama praktek di sekolah)
e.     Menghindari sikap atau tingkah laku yang menyebabkan terjadinya kesalahpahaman dengan murid, baik didalam kelas maupun diluar kelas.

7.     SIKAP MAHASISWA TERHADAP TUGAS.
a.     Selalu menjalankan tugas dengan baik dan bertanggungjawab.
b.    Memenuhi target yang dibebankan.
c.     Menjalin kerja sama yang baik antara sesama teman dalam menjalankan semua kegiatan dan tugas-tugas.
d.    Selalu berkonsultasi dengan pihak-pihak pembimbing apabila memenuhi kesulitan.
e.     Menyerahkan hasil praktek dan laporan kepada Sekolah atau Fakultas sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

















BAB IV
KOMPONEN PENILAIAN


1.     KOMPONEN PROFESIONAL.
Komponen yang akan dinilai berkaitan dengan ini adalah :
a.     Persiapan Tertulis.
1).   Perumusan tujuan instruksional khusus.
2).   Perumusan materi pelajaran dan penjabarannya.
3).   Perumusan kegiatan belajar-mengajar.
4).   Perumusan sumber/alat/penilaian.
5).   Penyusunan evaluasi/penilaian.

b.    Pelaksanaan Belajar-Mengajar (Real Teaching).
1).   Bahan Pelajaran.
a).   Penguasaan bahan pelajaran.
b).   Penggunaan bahan pelajaran.
c).   Penyediaan alat dan media pelajaran.

2).   Komunikasi.
a).   Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
b).   Keterampilan mewujudkan variasi interaksi yang memadahi.
c).   Keterampilan mengorganisasikan kelas.(perhatian)
d).   Keterampilan menggunakan alat/media pelajaran.
e).   Kelancaran berbahasa.
f).    Penggunaan waktu selang
g).   Tulisan di papan tulis.

3).   Penampilan.
a).   Gerakan.
b).   Suara.
c).   Kerapihan.

2.     KOMPONEN PERSONAL.
a.     Unsur Tanggung Jawab.
1).   Ketepatan dalam menyelesaikan tugas.
2).   Aktifitas dalam mengikuti kegiatan sekolah.
3).   Kemampuan menyelesaikan kesulitan yang dihadapi.
b.    Unsur Kejujuran.
1).   Melaksanakan tugas mengajar dan tugas lain.
2).   Kemampuan memberikan informasi kepada pihak lain.
3).   Sikap dan tingkah laku keseharian.
c.     Unsur Disiplin.
1).   Kedatangan di sekolah dan meninggalkan sekolah.
2).   Menyelesaikan tugas mengajar atau tugas lain.
3).   Mengikuti kegiatan lain di Sekolah.
4).   Kegiatan mengajar di kelas.

d.    Unsur Kepemimpinan. 
1).   Penampilan diri sendiri.
2).   Tanggung jawab terhadap kelompok.
3).   Kegiatan lain di sekolah (upacara)

e.     Unsur Menyelesaikan Tugas.
1).   Kemampuan menyelesaikan tugas mengajar dan tugas lain.
2).   Menyelesaikan tugas kelompok.
3).   Tugas lain yang diberikan Kepala Sekolah, Guru Pamong, Pembimbing.

f.     Unsur Kemampuan Mengatasi Masalah.
1).   Mengatasi masalah pribadi di kelas atau di luar kelas.
2).   Mengatasi masalah kelompok.
3).   Mengatasi masalah siswa.

g.    Unsur Kerapian.
1).   Kerapian berbusana dan penampilan.
2).   Kerapian dalam menyelesaikan tugas-tugas.

3.     KOMPONEN SOSIAL.
a.     Pergaulan dengan Guru Sekolah.
b.    Pergaulan dengan Guru Pamong.
c.     Pergaulan dengan Guru-Guru lain.
d.    Pergaulan dengan Staf Administrasi.
e.     Pergaulan dengan siswa.
f.     Pergaulan dengan teman Mahasiswa.
g.    Kerja sama dengan Kepala Sekolah.
h.     Kerja sama dengan Dosen Pembimbing.
i.      Kerja sama dengan rekan (Mahasiswa).






4.     KRITERIA PENILAIAN/SKALA PENILAIAN.

ANGKA

SKALA
ANGKA   50 – 100
PREDIKAT
4
A
80 – 100
SANGAT BAIK
3
B
70 – 89
BAIK
2
C
60 – 69
CUKUP
1
D
50 – 59
KURANG

·       Catatan untuk nilai C mahasiswa wajib mengulang dan mendaftar dengan biaya administrasi sesuai ketentuan pada PPL tahun akademik baru.

























BAB V
PROSEDUR PENGUJIAN


1      PENGERTIAN.

Kegiatan praktek mengajar akan diakhiri dengan ujian. Setiap mahasiswa berhak diuji apabila yang bersangkutan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Proses kegiatan yang dilakukan untuk menguji “kemampuan mengajar mahasiswa” disebut pengujian.

2      PROSEDUR UJIAN.

a      Sebelum Ujian.
Langkah-langkah yang ditempuh mahasiswa untuk mengajukan permohonan ujian sebagai berikut :
1)     Mahasiswa yang sudah memenuhi target harus mengajukan permohonan ujian dengan mengisi Surat Pengajuan Ujian.
2)     Surat pengajuan ujian yang telah diisi di serahkan kepada Guru Pamong/Dosen Pembimbing untuk dipertimbangkan.
3)     Apabila pengajuan tersebut disetujui, maka Guru Pamong/Dosen Pembimbing akan memberikan isian berupa Surat Persetujuan Ujian.
4)     Setelah mahasiswa menerima Surat Persetujuan Ujian, mahasiswa harus mempersiapkan segala perangkat yang digunakan dalam ujian diantaranya :
a).   Persiapan mengajar diketik rapi.
b).   Blanko Penilaian.
c).   Media dan sumber.
b      Selama Ujian.
Kegiatan yang harus dilakukan selama ujian berlangsung adalah:
1)     Berpraktek (mengajar) sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah yang telah ditentukan.
2)     Selama mahasiswa berpraktek (ujian), penguji menilai kegiatan    mahasiswa sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
3)     Penguji harus mengisi berita acara yang telah disediakan.
4)     Penguji membuat catatan-catatan sebagai kritik/saran.
c      Selesai Ujian.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah ujian adalah :
1)     Penguji harus merahasiakan hasil ujian.
2)     Penguji harus memberikan kritik dan saran.
3)     Mahasiswa melengkapi persyaratan lain.
3      KETENTUAN-KETENTUAN.
a      Persiapan harus diketik rapi dan dimasukkan kedalam stop map warna biru
b      Persiapan harus diselesaikan/diserahkan ke penguji selambat-lambatnya sehari sebelum ujian berlangsung.
c      Selama menyusun persiapan, mahasiswa disarankan berkonsultasi.
d      Setiap mahasiswa berhak diuji apabila sudah memenuhi target sedikitnya 8 kali pertemuan (2 jam x 8 pertemuan).
e      Karena ada beberapa hal dan terpaksa mahasiswa  belum memenuhi target akan dipertimbangkan.
f       Ujian dilaksanakan pada minggu ke empat bulan terakhir (seminggu sebelum berakhir).
g      Ujian dilakukan sesuai jadwal menurut persetujuan pembimbing dan guru pamong.




























BAB VI
SISTIMATIKA LAPORAN


1      Laporan Kelompok.
Secara keseluruhan tubuh laporan dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu :

a      Bagian Pendahuluan (Awal)
Bagian ini menempati lembar depan laporan. Bagian awal meliputi:
1)     Halaman Judul.
2)     Halaman Pengesahan.
3)     Halaman Motto.
4)     Kata Pengantar dan Ungkapan terima kasih.
5)     Daftar Isi.
6)     Daftar tabel (jika ada).
7)     Daftar gambar (jika ada).

b      Bagian Inti.
Bagian Inti terdiri dari tiga bab, yaitu :
1)     Bab    I. Gambaran Sekolah.
2)     Bab   II. Penyelenggaraan Pengelolaan Sekolah.
3)     Bab  III. Penutup

1)     Gambaran Sekolah
Bab ini setidak-tidaknya mencakup sub bab-sub bab sebagai berikut
a).   Sejarah Berdirinya.
b).   Tujuan dan Sasaran.
c).   Program Sekolah.
d).   Permasalahan yang dihadapi.

2)     Penyelenggaraan dan Pengelolaan Sekolah.
Sebagaimana yang telah diuraikan di sub bab pertama, bab ini setidaknya menyangkut sub bab-sub bab sebagai berikut :
a).   Struktur Organisasi Sekolah.
b).   Administrasi Sekolah.
c).   Pendanaan/Keuangan.
d).   Personalia.




3)     Penutup
Bab ini dirinci menjadi sub bab-sub bab yaitu:
a).   Kesimpulan.
·         Sub bab kesimpulan penjabarannya terbatas pada simpulan-simpulan praktis berkaitan dengan bab II, simpulan tentang kegiatan yang dilakukan, dan simpulan tentang kesesuaian antara program dengan keadaan sekolah.
b).   Rekomendasi.
·         Sub bab Rekomendasi berisi sejumlah alternasi pemecahan masalah. Alternasi pemecahan masalah berkaitan erat dengan sejumlah masalah yang dihadapi sekolah. Alternasi dapat berupa tindakan praktis yang segera dilaksanakan dan dapat pula berupa observasi jangkauan masa datang. Selain alternasi, Sub bab ini berisi sejumlah saran dan harapan-harapan.

c      Bagian Akhir.
Bagian ini berupa lampiran-lampiran penunjang bagian-bagian sebelumnya, misalnya:
1)     peta sekolah
2)     data keadaan siswa
3)     data keadaan guru.
4)     data program kerja.
5)     dan sebagainya.

2      Laporan Individu
Hasil yang dilaporkan meliputi
a      Bagian Pendahuluan (Awal)
Bagian ini menempati lembar depan laporan. Bagian awal meliputi:
1)     Halaman Judul.
2)     Halaman Pengesahan.
3)     Halaman Motto.
4)     Kata Pengantar dan Ungkapan terima kasih.
5)     Daftar Isi.
6)     Daftar tabel (jika ada).
7)     Daftar gambar (jika ada).
b      Bagian Inti.
Bagian Inti terdiri dari tiga bab, yaitu :
1)     Bab    I. Gambaran Sekolah.
2)     Bab   II. Pelaksanaan Kegiatan Balajar Mengajar di Kelas.
3)     Bab  III. Penutup
1)     Gambaran Sekolah
Bab ini setidak-tidaknya mencakup sub bab-sub bab sebagai berikut
a).   Sejarah Berdirinya.
b).   Tujuan dan Sasaran.
c).   Program Sekolah.
d).   Permasalahan yang dihadapi.

2)     Pelaksanaan Kegiatan Balajar Mengajar (KBM) di Kelas.
Meliputi :
a).   Kondisi siswa.
b).   Sarana dan Prasarana penunjang KBM.
c).   Uraian pelaksanaan KBM dan kendala-kendala yang dihadapi serta solusinya.

3)     Penutup
a).   Kesimpulan.
b).   Saran

C    Bagian Akhir.
Bagian ini berupa lampiran-lampiran penunjang bagian-bagian sebelumnya yang meliputi:
a      Kelengkapan Administrasi meliputi :
1)     Jadwal mengajar
2)     Jurnal mengajar
3)     Surat Pengajuan Ujian
4)     Surat Persetujuan Ujian
5)     Nama siswa
6)     Presensi siswa
b      Kelengkapan Mengajar meliputi :
1).   Rincian Pekan Efektif (RPE)
2).   Program Tahunan
3).   Program semester
4).   Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP)
5).   Silabus
6).   Penilaian
Catatan : Laporan harus dicetak.          

N O T A S I.
Notasi (tatacara penulisan) yang digunakan dalam laporan tidak berbeda dengan notasi pada karya ilmiah lainnya. Maksudnya notasi pada karya ilmiah berlaku untuk laporan ini.
BAB VII
KELENGKAPAN PRAKTEK


Yang dimaksud kelengkapan praktek dalam hal ini adalah seperangkat kelengkapan mengajar yang digunakan untuk mendukung proses belajar- mengajar sehingga menjadi baik dan sempurna. Kelengkapan praktek dalam hal ini meliputi:
1).   Rincian Pekan Efektif (RPE)
2).   Program Tahunan
3).   Program semester
4).   Silabus
5).   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6).   Penilaian

Adapun format dari kelengkapan Program Praktek Penglaman Lapangan (PPL) ini bisa kita lihat pada lampiran.



 RINCIAN PEKAN EFEKTIF (RPE)
MATA PELAJARAN                :
SATUAN PENDIDIKAN          :
KELAS / SEMESTER              :
TAHUN PELAJARAN              :

I.         PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
(BANYAKNYA PEKAN DALAM SATU SEMESTER)
NO
NAMA BULAN
JUMLAH PEKAN
SELURUH-NYA
TIDAK EFEKTIF
EFEKTIF
1
Juli
Jan



2
Agustus
Peb



3
Sept.
Mar



4
Oktober
Apr



5
Nop
Mei



6
Des
Jun




Jumlah




II.        BANYAKNYA PEKAN YANG EFEKTIF/TIDAK EFEKTIF/ JAM PELAJARAN EFEKTIF
a         Hari hari pertama masuk sekolah                            : ……………………..Pekan
b         Persiapan pembagian rapor/cadangan waku          : ……………………..Pekan
c          Jumlah Pekan Efektif (I&II)                                      : ……………………..Pekan
d         Jumlah Jam Pelajaran efektif (pekan efektif x jumlah jam pelajaran
per ecan                                                 : ……………………..Pekan

III.      DISTRIBUSI WAKTU
Nomor PSP
Pokok Bahasan/Konsep/Tema
Alokasi Waktu






Jumlah
…………… Pekan

Jember, ………………….
Mengetahui
                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                ………………………..

PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN                :
SATUAN PENDIDIKAN          :
KELAS / SEMESTER              :
TAHUN PELAJARAN              :
SMT
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
1















2



















Jember, ………………….
Mengetahui
                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                ………………………..



PROGRAM SEMESTER

MATA PELAJARAN                :
SATUAN PENDIDIKAN          :
KELAS / SEMESTER              :
TAHUN PELAJARAN              :

Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi
Waktu
JULI
AGUST
dst
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5


































Jember, ………………….
Mengetahui
                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                ………………………..



SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran                   :

Jenjang                                                :

Kelas / Semester               :

Standar Kompetensi    :


Jenis Teks
Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar

Waktu
Kegiatan
Materi, Sumber, Media
Penilaian
Komp. Strategi sikap

Jenis Tagihan
Bentuk Inst.
Contoh Inst.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10




































Jember, ………………….
Mengetahui
                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                ………………………..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)


1.        NAMA SEKOLAH              :
2.        MATA PELAJARAN          :
3.        KELAS / SEMESTER        :
4.        STANDAR KOMPETENSI:
5.        KOMPETENSI DASAR     :
6.        INDIKATOR                      :
7.        JENIS TEKS                      :
8.        TEMA                                :
9.        ASPEK/ SKILL   :
10.     ALOKASI WAKTU             :
I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
II.        MATERI PELAJARAN
III.      METODE PEMBELAJARAN
IV.      KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan terdiri atas ;
1. Kegiatan Awal             :
a…………………………………………………………………………………………..……..
b…………………………………………………………………………………………..……..
2. Kegiatan Inti                :
a……………………………………………………………………….…………………..……..
b…………………………………………………………………….……………………..……..
1         Kegiatan Akhir
   a…………………………………………………………………..………………………..……..
   b…………………………………………………………………..………………………..……..



IV     ALAT DAN SARANA
            A. Alat/Sarana : …………………………….……………………………………………..……..
         B. Sumber : ………………………………………………………………………………..……..

VI. PENILAIAN
A. Prosedur          : Penilaian kemajuan dan hasil belajar dilakukan selama KBM berlangsung dan penilaian hasil belajar dilakukan pada pertemuan ke…..
B. Alat Penilaian  : ……………………………………………………………..……..
Jember, ………………….
Mengetahui
                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                ………………………..


PENILAIAN


Mata Pelajaran          : …………………………………….
Jenjang                      : …………………………………….
Kelas/ Semester        : …………………………………….
Standar Kompetensi : …………………………………..

Kompetensi Dasar
Indikator
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
















Jember, ………………….
Mengetahui
                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                ………………………..


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Jl. Karimata 49 Jember Telp. 0331 336728



SURAT PENGAJUAN UJIAN




Yang bertanda tangan dibawah ini:


Nama Mahasiswa          :
N I M                            :
Program Studi               :
Tempat praktek             :
Mengajukan permohonan untuk diuji. Ketentuan ketentuan dan persyaratan persyaratan ujian telah saya penuhi.

Demikian surat permohonan ini, segala pertimbangan dan keputusan saya serahkan kepada Bapak/Ibu pembimbing

Jember, ……………………
Praktikan

……………………………..



UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Jl. Karimata 49 Jember Telp. 0331 336728

SURAT PERSETUJUAN UJIAN


Berdasarkan pertimbangan, kami memutuskan bahwa mahasiswa berikut ini;

Nama Mahasiswa          : …………………………….
N I M                            : …………………………….
Program Studi               : …………………………….

Dinyatakan akan DIUJI pada:

Hari/Tanggal                  : …………………………….
Sekolah                        : …………………………….
Kelas/Jam ke                : …………………………….
Pokok Bahasan             : …………………………….
Sub Pokok Bahasan      : …………………………….
Tim Penguji                   :
1.     …………………………….
2.     …………………………….
Dengan ketentuan:
1.     yang bersangkutan harus melengkapi persyaratan ujian
2.     yang bersangkutan harus melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan

Demikian surat persetujuan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaiman mestinya.
Jember, ….………..…………

Dosen Pembimbing                                           Guru Pamong



…………………….                                             …………………….


Menyetujui
Kepala sekolah


……………………..
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Jl. Karimata 49 Jember Telp. 0331 336728

BERITA   ACARA   UJIAN


Bismillahirrkhmanirrokhiem

Pada hari ini …………..tanggal ……..bulan ………tahun telah menyelesaikan ujian praktek mengajar:

Nama Mahasiswa          : …………………………….
N I M                            : …………………………….
Program Studi               : …………………………….
Sekolah                        : …………………………….
Kelas/Jam ke                : …………………………….
Pokok Bahasan             : …………………………….
Sub Pokok Bahasan      : …………………………….
Tim Penguji                   :
1.     …………………………….
2.     …………………………….
Catatan-catatan yang dapat direkam selama ujian berlangsung:

1.     ………………………………………………………………………
2.     ………………………………………………………………………
3.     ………………………………………………………………………


Jember, ….………..…………

Dosen Pembimbing                                           Guru Pamong


…………………….                                             …………………….


Menyetujui
Kepala sekolah



……………………..

LEMBAR PENILAIAN PRAKTEK MENGAJAR

Nama Mahasiswa          : …………………………….
N I M                            : …………………………….
Program Studi               : …………………………….
Hari / tanggal                : …………………………….
Bidang Studi                 : …………………………….
Pokok Bahasan             : …………………………….
Sub Pokok Bahasan      : …………………………….
Kelas/Jam ke                : …………………………….

NO

KOMPONEN YANG DINILAI
SKALA PENILAIAN
I







II











III
PENYUSUNAN SATUAN PELAJARAN
1.        Perumusan tujuan instruksional khusus.
2.        Perumusan materi pelajaran.
3.        Perumusan kegiatan belajar-mengajar.
4.        Perumusan sumber/alat pelajaran.
5.        Penyusunan evaluasi/penilaian.
6.        Kerapian format dan tulisan

PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.       Membuka pelajaran.
2.       Mewujudkan variasi interaksi yang memadahi.
3.       Mengorganisasikan kelas
4.       Menggunakan alat/media pelajaran.
5.       Kelancaran berbahasa.
6.       Bertanya dan menaggapi pertanyaan siswa
7.       Melaksanakan penilaian
8.       Tulisan di papan tulis.
9.       Penggunaan waktu
10.    Menutup pelajaran

PENAMPILAN DAN BAHASA
1.       Gerakan
2.       Suara
3.       Kerapian



   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4       

   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      


   1         2         3         4      
   1         2         3         4      
   1         2         3         4      

Nilai Rata rata :  Juml. Nilai Diperoleh   X 100 =  ……………..
                        Total Juml. Nilai Max




HALAMAN PENGESAHAN


Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan yang diadakan
Oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jember





Disetujui



Kepala Sekolah                                                             Guru Pamong                                                               



……………….                                                                ………………….



Koordinator PPL                                                           Dosen Pembimbing                                                      



……………………..                                                        …………………….


Mengetahui

Dekan FKIP



…………………………….


Contoh cover:



LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER
















Oleh:
Suci Eko Cahyono
NIM. 11 132 007

(PROGRAM STUDI)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
(Tahun)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More